PENGERTIAN INJIL (GOSPEL), ALKITAB(BIBEL) DALAM KACAMATA ISLAM DAN KRISTEN

Posted: Mei 7, 2010 in INJIL DALAM PANDANGAN ISLAM DAN KRISTEN
Tag:, ,

Apa bedanya injil dengan al kitab?

Apakah injilnya orang Kristen adalah injil yang diturunkan oleh Allah swt?

Ada bebrapa perbedaan umum yang digunakan oleh kita, orang Islam, dengan orang Kristen dalam menyebut kitab suci mereka (orang Kristen)., Yaitu :

  1. Orang kristen kebanyakan menyebut kitab sucinya Alkitab, bukan injil.
  2. Orang islam umumnya menyebut kitab mereka dengan sebutan Injil (gospel) karena banyak orang Islam tidak tahu perbedaan kedua istilah itu (Injil dan Bibel).

Lantas apa bedanya?

MENURUT ORANG KRISTEN :

INJIL (Gospel) : berasal dari bahasa yunani en aggelion yang berarti kabar baik. Injil yang pertama-tama berarti kabar baik tentang keselamatan yang intinya Kasih : Allah menjelma menjadi manusia karena kasih, yakni untuk menyelamatkan manusia. Injil juga diartikan kitab yang mnegisahkan hidup, ajaran, dan karya-karya Yesus, serta sengsara dan kebangkitan-Nya.

Buku injil hanya ada 4 buah, yakni : Injil Matius, Injil Markus, Injil Lukas, dan Injil Yohanes. Keempat injil berasal dari pertengahan kedua abad yang pertama, dan pertama-tama merupakan rekaman tertulis dari pewartaan imam Rasuli. Dalam penulisan kembali itu ilham Roh Kudus memberikan jaminan bahwa penulis sungguh memilih bahan yang tepat dan bebeas dari sesatan.

Sekilas mengenai keempat injil :

  1. Injil Karangan Matius

Injil ini mewartakan kepada bangsa Israel kabar tentang Yesus sebagai Mesias Israel yang dinantikan oleh manusia seluruh jaman perjanjian lama. Injl ini merupakan pewartaan umat gereja (umat allah yang baru) kepada sinagoga (Umat Allah yang lama). Gereja dibangun di atas batu karang (Mat 16 : 12-19) dan Kristus , Raja semesta alam. Kristus inilah yang memberi perintah kepadanya untuk membawa Injil  ke sluruh bumi dan membabtis segala bangsa.

  1. Injil Karangan Markus

Menurut tradisi gereja awal, Markus membawakan pewartaan Injil menurut gaya Petrus. Markus tidak bermaksud menulis riwayat Yesus melainkan mewartakan bahwa Yesus adalah ‘Yang datang dalam nama Tuhan’, Yang diurapi” dan Putra Allah yang mengalahkan yang jahat.‘

  1. Injil karangan Lukas

Lukas adalah teman dan pengikut Paulus. Dalam Injil ini, Lukasmenekankan sifat Yesus sebagai sang Juru Selamat orang miskin, terhina, sakit dan berdosa,; Juru selamat yang menghibur dan menolong semua yang tertekan”

  1. Injil Karangan Yohanes

Injil ini ditulis oleh Yohanes tahun 100 di Turki. Yohanes yang sudah tua diberi ilham oleh Roh Kudus untuk menyampaikan Injil tentang Yesus secara mendalam. Tujuan Injil ini adalah meyakinkan orang bahwa Yesus adalah Kristus, Putra Allah, dan supaya oleh kepercayaan ini semua orang mempunyai hidup kekal dalam nama-Nya. (Yoh 20 : 30)

BIBEL (AL KITAB) MENURUT KRISTEN

Bibel adalah kumpulan semua kitab (perjanjian lama dan perjanjian baru) yang ditulis atas ilham Roh Kudus. Isi alkitab diyakini orang Kristen sebagai sabda Allah. Alkitab bukanlah kumpulan ajaran, peraturan apalagi buku sejarah. Al kitab (bible) adalah wahyu Allah yang berisi kesaksian iman umat Allah. Alkitab terdiri dari 39 kitab perjanjian lama, 7 kitab Deuterokanonika, dan 27 kitab perjanjian baru.

  1. Perjanjian lama

Ikatan perjanjian antara umat Allah dan Israel sebelum kristus. Dimulai dari kitab kejadian dan berakhir pada kitab Maleakhi. Untuk umat katolik ada tambahan 7 kitab yang disebut Deuterokanonika. Untuk umat katolis, perjanjian lama ada 45 buah)

  1. Perjanjian baru

Ikatan perjanjian keselamatan antara Allah dan umat manusia dalam kristus. Materi dalam perjanjian baru ini adalah darah kristus sendiri. Dimulai dari Injil Matius dan berakhir pada kitab wahyu kepada Yohanes, semuanya berjumlah 27 kitab.

KESIMPULAN :

  1. JADI MENURUT KRISTEN, YANG DISEBUT INJIL ADALAH (GOSPEL) CUMA ADA 4 KITAB, YAITU :

MATIUS, MARKUS, LUKAS, DAN YOHANES, SEMUANYA CUMA ADA DI PERJANJIAN BARU.

  1. SEDANG ALKITAB ADALAH SEMUA KUMPULAN KITAB-KITAB YANG ADA DI PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU.

MENURUT ISLAM

Injil adalah salah satu kitab Allah swt yang diturunkan kepada Nabi Isa as, yang mengukuhkan kedudukan Allah swt sebagai tuhan yang ahad dan Isa as sebagai rasulnya. (Maryam(19) : 20)

Tetapi Injil ini kemudian dirusak oleh orang-orang jahil yang tidak lagi beriman pada Allah swt, maka kemudian Allah swt menurunkan Al Qur’an kepada Nabi Muhammad saw sebagai penyempurna dari injil dan kitab lainnya, dimana Allah sendiri menjamin akan memeliharanya dari tangan-tangan jahil manusia selama-lamanya (Al Maidah : 68, Ali Imran : 71, Al Hijr : 9)

JADI APAKAH INJILNYA ORANG KRISTEN ADALAH INJIL YANG DITURUNKAN

ALLAH SWT?

JAWABANNYA ADALAH

BUKAN.

WHY?

MANA MUNGKIN INJIL KARANGAN MATIUS, LUKAS, MARKUS DAN YOHANES

KITA SEBUT INJIL DARI ALLAH SWT.

(sumber : Injilku Yang Ternoda, Yusuf Ismail Alhadid)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s